Wednesday, May 8, 2013

FLORA & FAUNA DI INDONESIA


Berbicara mengenai flora dan fauna, di negara kita Indonesia ada banyak jenis flora dan fauna yang hidup dan tersebar dari ujung barat pulau Sumatera hingga perbatasan paling timur pulau Papua. Masing-masing daerah memiliki flora dan fauna tersendiri, burung Cendrawasih di Papua, Anoa di Sulawesi, Komodo di Flores, bunga Rafflesia di Sumatera dan masih banyak lagi. Beberapa flora dan fauna telah ditetapkan oleh pemerintah sebagai ikon bangsa, seperti bunga melati sebagai Puspa Bangsa, bunga anggrek bulan sebagai Puspa Pesona, bunga patma raksasa sebagai Puspa Langka, dan yang baru saja di nobatkan sebagai 7 keajaiban dunia yang baru yaitu komodo. Penyebaran flora dan fauna di Indonesia dipengaruhi oleh iklim, relief bumi, keadaan alam, rintangan alam dan pergerakan hewan. Sebagai contoh, beberapa jenis flora endemik Indonesia yang dipengaruhi oleh faktor iklim yang antara lain berada pada: Hutan Musim yang memiliki suhu udara tinggi serta perbedaan kondisi tumbuhan pada musim kemarau dan hujan; Hutan Hujan Tropis yang terdapat pada daerah sekitar garis khatulistiwa sehingga memperoleh sinar matahari sepanjang tahun dan memiliki curah hujan yang tinggi; Sabana yang berupa padang rumput dengan pepohonan yang bergerombol dengan mendapat curah hujan yang sedikit; Steppa yang merupakan padang rumput luas serta memiliki curah hujan rendah; dan Hutan Mangrove atau Bakau yang banyak terdapat dipesisir pantai yang berlumpur.

Fauna Indonesia dibagi menjadi tiga kelompok oleh Alfred Russel Wallace dan Max Wilhelm Carl Weber, yaitu: Fauna Asiatis, Fauna Australis, dan Fauna Peralihan atau asli Indonesia. Batas pengelompokan yang mereka buat lebih dikenal dengan garis Wallace dan garis Weber. Sebagai bangsa Indonesia, kita patut berbangga diri dengan kekayaan alam yang kita punya. Blog ini mengajak kita sebagai bangsa Indonesia untuk lebih mengenal keanekaragaman flora dan fauna yang kita miliki. Sudah seharusnya kita melestarikan flora dan fauna endemik Indonesia agar kelak anak cucu kita masih bisa menikmati kekayaan alam tersebut. Namun, masih banyak pihak yang dengan sengaja merusak alam dan habitat flora dan fauna. Oleh karena itu, tugas kita adalah menjaga flora dan fauna Indonesia agar tak berakhir sebagai sejarah.

0 comments:

Post a Comment

Berkomentarlah yang sesuai dengan topik di atas. Saran teman-teman juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas blog ini.
Terima Kasih :)

 
Copyright © . Flora & Fauna Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger