Saturday, June 1, 2013

SIWALAN (LONTAR)

SEKILAS MENGENAI SIWALAN (LONTAR)

Pohon Siwalan (Lontar)Di daerah Sulawesi Selatan, Siwalan (Borassus flabellifer L.) atau biasa disebut dengan lontar telah dianggap sebaai simbol persahabatan dan persaudaraan, sama seperti tanaman Nibung di daerah Prov. Riau. Siwalan merupakan tanaman yang banyak tumbuh di daerah pantai di Sulawesi Selatan. Dibeberapa tempat di Sulawesi Selatan, tanaman ini banya yang tumbuh dengan bergerombol. Walaupun tanaman ini tidak di budidayakan oleh masyarakat setempat, namun tanaman ini dipilih sebagai maskot Provinsi Sulawesi Selatan. Jika ditinjau dari segi budaya, salah satu pertimbangannya adalah tanaman ini memiliki nilai khasnya tersendiri bagi masyarakat Sulawesi selatan. Kekhasannya terlihat dengan dijadikannya tanaman siwalan sebagai lambang kemandirian dan pemantapan kepribadian. Tanaham siwalan telah lama digunakan sebagai lambang KODAM XIV Hasanuddin dan Universitas Hasanuddin (UNHAS). Sebagai contoh, tanaman siwalan dalam logo UNHAS melambangkan ilmu pengetahuan tentang banyaknya manfaat yang diberikan bagi kesejahteraan manusia. Menurut cerita daerah setempat, dahulu tempat yang dikunjungi oleh Laskar Makassar yang dipimpin oleh Sultan Hasanuddin akan ditanami siwalan. Dari cerita tersebut dapat disimpulkan bahwa tanaman siwalan atau lontar adalah simbol perdamaian dan persahabatan.

CIRI FISIK TANAMAN SIWALAN (LONTAR)

Biji Buah Siwalan
Siwalan merupakan salah satu jenis palem yang memiliki batang lurus, kuat dan kokoh. Tanaman siwalan memiliki bagian pangkal batang dan ujung yang membesar, dengan ketinggian batang mencapai 15 – 30 m. Batangnya memiliki permukaan halus dengan warna kehitam-hitaman. Daunnya berbentuk tunggal, bercangap menjadi sampai berlekuk menjari dan membentuk taju daun. Jarak antara setiap tajunya antara 5 – 7 cm. Tangkai daunnya yang berpelepah dapat mencapai panjang 1 m. Secara keseluruhan, bentuk daun siwalan bulat menyerupai kipas dengan garis tengah kurang lebih 1,5 m. Daunnya siwalan yang sudah tua tidak langsung gugur sehhingga membentuk tajuk berbentuk bulat. Daunnya bertekstur sedikit kaku dengan warna daun yang hijau. Bunga jantan dan betina terpisah pada pohon yang berbeda, sehingga siwalan termasuk tanaman yang berumah dua, sehingga ada pohon yang hanya memiliki bunga jantan atau betina saja. Bunga siwalan adalah bunga majemuk. Terdapat perbedaan antara bunga jantan dan betina, jika bunga jantan tersusun di dalam tongkol maka bunga betinanya dalam susunan bulir. Panjang tongkol bunga jantan mencapai 50 cm sedangkan panjang bulir bunga betina antara 25 – 30 cm. Tangkai pada tandan bunga jantan dapat disadap untuk diambil niranya. Air hasil sadapan tersebut dapat dimanfaatkan sebagai air minum. Niranya juga dapat diolah menjadi minuman dengan kadar alkohol yang lumayan tinggi yang disebut tuak maupun diolah menjadi bahan pangan berupa gula merah. Ukuran buah siwalan lebih kecil dari ukuran kelapa genjah, berbentuk bulat dengan diameter berkisar 7 – 20 cm. Di dalam buah siwalan, terdapat 3 bakal biji. Kulit buah berserabut dan memiliki tempurung seperti pada buah kelapa. Tempurung buah muda belum mengeras dan daging buahnya bertekstur kenyal dan sedikit gurih.

HABITAT DAN PENYEBARAN SIWALAN (LONTAR)

Buah SiwalanSaat ini, tanaman siwalan belum bisa dipastikan asal usulnya. Namun, sejumlah peneliti menduga bahwa tanaman ini adalah tanaman asli dari Indonesia. Habitat yang ideal bagi pertumbuhan siwalan adalah daerah yang kering serta terbuka, sama seperti habitat tanaman kerabatnya. Salah satu tempat yang disukai siwalan untuk hidup adalah daerah pantai yang panas dan berpasir. Tanaman ini dapat tumbuh dengan baik pada daerah dengan ketinggian antara 0 – 500 mdpl. Dalam pertumbuhannya, siwalan tidak membutuhkan syarat atau keadaan khusus untuk pertubuhannya. Tanaman ini bahkan dapat bertahan hidup di lahan kritis sekalipun. Tanaman ini banyak tumbuh di wilayah timur Indonesia antara lain bagian timur Pulau Jawa, Sulawesi Selatan, Madura, Bali, dan Nusa Tenggara. Pohon siwalan akan mulai berbuah pada umur sekitar 20 tahun. Pohon ini dapat bertahan hidup hingga umur 100 tahun.





3 comments:

  1. ayo segera bergabung dengan saya di D/E/W/A/P/K
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian semua bisa menang uang jutaan rupiah lo
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add pin bb nya D87604A1 terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete

Berkomentarlah yang sesuai dengan topik di atas. Saran teman-teman juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas blog ini.
Terima Kasih :)

 
Copyright © . Flora & Fauna Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger