Saturday, May 25, 2013

NIBUNG


SEKILAS MENGENAI NIBUNG

Pohon nibung merupakan tanaman yang sejenis dengan palma atau palem. Pohon nibung banyak tumbuh di wilayah Asia Tenggara, termasuk wilayah Indonesia. Pohon nibung telah ditetapkan sebagai flora identitas Prov. Riau, karena sejak zaman dulu pohon ini dianggap sebagai simbol persaudaraan dan persatuan oleh masyarakat Riau.

CIRI FISIK NIBUNG

pohon Nibung sebagai flora identitas Provinsi RiauBentuk khas dari pohon nibung ini adalah batangnya tidak bercabang, memunculkan tunas-tunas yang rapat hingga membentuk kumpulan 50 batang, dan tinggi pohonnya dapat mencapai 25m. Adanya duri keras dan panjang berwarna hitam yang berguna melindungi batang dan daunnya. Susunan dari daunnya yang terlihat dekoratif dengan bentuk majemuk dan menyirip tunggal. Pohon nibung memiliki bunga yang hampir serupa dengan bunga pohon kelapa yang menggantung dan warnanya bulir kuning keunguan. Bunga pohon nibung memiliki 2 jenis bunga yaitu bunga jantan dan bunga betina dan susunanya 1 bunga betina di apit oleh 2 bunga jantan. Pembungkus bunga pohon nibung jiga memiliki duri. Pohon nibung mempunyai buah yang bundar, dan berbiji satu serta permukaan halus dan warnanya ungu gelap.

PEMANFAATAN NIBUNG

pohon nibung sebagai lambang persatuan masyarakat RiauBatang, buah hingga daunnya sangat bermanfaat. Kegunaan dan manfaat lain dari batang pohon nibung adalah dipakai untuk bahan bagunan seperti : lantai, pipa untuk saluran air dan tongkat. Daun dari pohon nibung juga berguna untuk atap rumah dan juga dijadikan sebagai bahan untuk anyaman keranjang. Kelebihan dari pohon nibung khususnya pada batang dan daunnya adalah memiliki daya tahan yang lama serta tidak mudah lapuk meskipun terendam dalam air. Sejak abad kesebalas masyarakat jambi mempergunakaan manfaat dari batang nibung yaitu sebagai bahan bagunan dilahan gambut seperti yang telah ditemukan oleh seorang arkeolog. Kelebihan lain dari pohon nibung terutama pada bunganya yaitu untuk mengharumkan beras. Umbut dari bunga nibung juga dapat dijadikan sayur serta buahnya dapat pula dijadikan sebagai teman makan sirih sebagai pengganti buah pinang. Duri nibung yang sangat tajam juga dimanfaatkan sebagai paku bangunan sesaji pada saat upacara adat.

1 comments:

Berkomentarlah yang sesuai dengan topik di atas. Saran teman-teman juga diperlukan untuk meningkatkan kualitas blog ini.
Terima Kasih :)

 
Copyright © . Flora & Fauna Indonesia - Posts · Comments
Theme Template by BTDesigner · Powered by Blogger